Andrew Ng, Ilmuwan Komputer di Balik Coursera

00.18
sumber:medium


Coursera telah menjadi salah satu MOOC terbesar di jagad ini. Coursera memiliki 2.700 katalog kursus dan 32 juta pengguna di seluruh dunia menjadikan salah satu penyedia kursus online tersebut tujuan untuk mengembangkan karir profesional. Capaian ini tidak terlepas dari pendiri Coursera, Andrew Ng.

Pendidikan

Andrew Ng adalah Profesor Ilmu Komputer Universitas Stanford. Ng lahir di London, Inggris 1976. Kedua orang tuanya berasal dari Hongkong. Semasa kecil menghabiskan waktu di Singapura, belajar di Raffles Institution pada 1992. Pada tahun 1997 ia berhasil menerima gelar sarjana dalam ilmu komputer, statistic, dan ekonomi dari Carnegie Mellon (CMU).

Kemudian Ng melanjutkan studi Master dari Massachusetts Institute ofTechnology (MIT), dan Ph.D dari University of California Berkeley pada 2002. Setelah lulus, Ng bekerja di Stanford. Ng merupakan Profesor di Departemen Ilmu Komputer Stanford University. Dia pernah menjadi direktur Stanford Artificial Intelligences Lab, di sana dia mengajar riset data scientist dan machine learning.

Pada tahun 2011 hingga 2012, ia bekerja sebagai peneliti Google dan menjadi direktur Google Brain Deep Learning Project. Pada tahun yang sama mendirikan Coursera. Pada tahun 2014-2017, bergabung dengan Baidu sebagai kepala ilmuwan dan melakukan penelitian terkait big data dan AI.

Setelah dari Baidu, Ng mendirikan Deeplearning.ai, sebuah situs penyedia kursus online dalam bidang AI khususnya Deeplearning. Ia juga mendirikan Landing.ai, mempromosikan AI ke dalam  industry manufaktur, salah satunya menjalin kerja sama dengan FoxConn. Pada tahun 2017 menjadi pembicara AI Frontiers Conference, dan tercatat juga menjadi chairman Woebot. Professor Ng adalah penulis buku “Machine Learning Yeraning”

Penghargaan

2007: Sloan Fellowship
2008: MIT Technology Review
2013: Times 100 Most Influential People
2013: Fortune’s 40 under 40
2014: Fast Companys Most Creative People in Business
2015: World Economics Forum Young Global Leaders.


Professor Ng banyak melakukan penelitian dengan tema Machine Learning dan Deep Learning menjadikannya sebagai salah satu ilmuwan komputer terkenal di dunia. Salah satu riset terkenalnya adalah mengembangkan Helikopter Otonom Stanford dan STAIR (Stanford Artificial Intelligence Robot), yang telah menghasilkan ROS (sebuah platform perangkat lunak robotika open-source). Proyek lainnya adalah terkumpul dalam program Google Brain.

Bersama dengan David M Blei dan Michael I Jordan mempublikasikan artike berjudul “Latent Dirichlet Allocation”. David M Blei adalah Professr Statistik dan Komputer Columbia University. Sedangkan Michael Irwin Jordan adalah ilmuwan machine learning, statistic, dan AI University of California Berkeley.

Professor Ng menikah dengan Carol E Reiley, seorang pakar robotic perempuan. Reiley mendirikan, berinvestasi, dan menjadi presiden Drive.ai yang telah berhasil mengumpulkan dana lebih dari $ 77 juta.

Related Posts

Comments


EmoticonEmoticon